Recent Post By Lable

Cantik Dalam Islam

Kecantikan atau kata - kata cantik selalu di identikan dengan perempuan, maka tidak sedikit dari perempuan yang berusaha untuk selalu tampil cantik. Dan berusaha untuk cantik sama sekali tidak salah karena cantik merupakan sebuah bentuk keindahan dan Allah pun maha indah dan mencintai keindahan. Seperti sabda Rosulullah : “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai yang indah, murah hati dan menyukai kemurahatian, menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah.” (HR. Al-Baihaqi).
Kecantikan merupakan salah satu daya tarik, sehingga banyak orang yang berlomba lomba untuk membuat dirinya menjadi lebih cantik. Dan tidak sedikit juga orang yang menginginkan pasangannya orang yang cantik.
Namun Kecantikan apa yang dimaksudkan ?. Disini tidak membahas kecantikan secara umum dengan penampilan modis, mengikuti trend masa kini, atau terlihat menyolok sehingga ketika ditengah keramaian bisa sangat terlihat dengan kontras. Kecantikan secara umum adalah suatu yang subyektif dan tidak ada standar nya, karena bisa jadi menurut orang Indonesia si fulannah itu cantik tapi tidak untuk orang Mesir, atau orang negro bisa dikatakan cantik oleh orang negro juga tapi tidak untuk orang bule. Dan bukan juga kecantikan dengan badan yang seksi dan betuk tubuh yang ideal atau dengan warna kulit yang cerah, mata lentik dan rambut yang lurus sehingga harus bersusah payah untuk perawatan atau ikut organisasi yang bisa mempercantik tubuh secara fisik.

Lalu bagaimana kecantikan menurut pandangan islam ?, tentu jawabannyapun sangat panjang sekali, namun saya hanya akan berbagi walaupun hanya sedikit penjelasan tentang kecantikan menurut islam.

Cantik
Kecantikan dalam pandangan Islam pada dasarnya terletak dalam hati, akhlak dan pikiran. Jika seseorang mempunyai hati yang baik tentunya semuanya akan baik seperti Sabda Rosulullah Sholallohu 'Alaihi Wassalam bersabda yang artinya : “Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada segumpal daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila segumpal daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati.'"(HR. Bukhori Muslim).
Lihatlah Hadits diatas, bagaimana jadinya jika seseorang mempunyai hati yang sangat buruk, penuh dengan kebencian, dendam, keserakahan atau 'SYIRIK' apakah akan menghadirkan kecantikan dalam dirinya ? tentu saja tidak mungkin. Jadi untuk menggapai kecantikan menurut pandangan islam maka berusahalan untuk memperbaiki hati untuk menjadi lebih baik (Ikhlas, Sabar, Qona'ah, Pemaaf dan tentunya timbulkan sifat malu dan yang lebih penting adalah menundukan hati terhadap Al Qur'an dan As Sunnah).

Selain hati hal yang terpenting adalah akhlak. Apa yang anda pikirkan jika melihat seseorang yang sengat cantik dari segi fisik tap ternyata akhlaknya sangat buruk, mengumbar diri (aurat), pemalas, pemarah, tidak sabaran, dan berbuat seolah olah ratu yang ingin dihormati dan dilayani ? Sungguh musibah yang besar jika manusia hanya melihat dan mengharapkan seseorang karena kecantikan fisik tanpa melihat kecantikan akhlak. Sudah dipastikan tidak akan pernah mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.
Dan Pikiran. Ini pun menentukan kecantikan seseorang. Tidak sepenuhnya Islam mengajarkan untuk menimbang segala sesuatu hanya dengan pikiran, tapi yang dimaksud pikiran disini adalah pikiran dalam segi positif yang sejalan dengan hukum syar'i. Sebagai contoh kenapa pikiran termasuk dalam kecantikan menurut pandangan islam adalah Media yang banyak memberikan syubhat, Jika seseorang yang tidak mempunyai pemikiran yang baik tentunya akan menelan semua yang diberitakan media tersebut tanpa di pilah dahulu. Dan ketika memutuskan sebuah perkara atau menentukan yang terbaik untuk keluarga dan anaknya tidak akan dipikirkan dampak positif dan negatif nya.
Nah bagaimana jika demikian, terutama untuk yang telah mempunyai anak, sudah tentu anak akan dibiarkan secara bebas melihat tontonan yang memberikan syubhat atau meberikan pendidikan yang menyimpang dari syar'i. Dan yang paling menyebalkan bagaimana bisa diskusi dalam sebuah rumah tangga jika pasangan atau lawan bicara kita tidak mempunyai pemikiran yang baik, tentunya diskusi tersebut tidak akan menghasilkan suatu yang baik ....
Nah itulah Sekilas tentang kecantikan dalam pandangan islam, dan tentunya kita sangat berharap untuk bisa selalu memperbaiki hati, menjaga akhlak, dan berusaha untuk mengendalikan pikiran kita untuk menjadi baik. Dan mungkin jika kita dijodohkan dengan orang yang mempunya hati yang baik, akhlak yang baik dan cara berpikir yang baik maka kebahagiaan akan kita dapatkan.

Wallahu'alam 

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Media Muslim All Right Reserved