Recent Post By Lable

Do'a dan Pendidikan

Harapan tiap orang adalah ingin mempunyai keluarga yang qur'ani, karena tentunya didalam keluarga Qur'ani ini akan terdapat orang orang yang sholeh dan sholehah. Bahkan keluarga ini bukan hanya akan memberikan kebaikan didunia tetapi juga akan membawa kebaikan diakhirat kelak, sehingga sangat diinginkan setiap orang tua, baik dari keluarga yang mempunyai pemahaman terhadap agama ataupun keluarga yang awam sekalipun juga. 


رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa” [Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa]. (QS. Al Furqon: 74)

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ


Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya " (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480 ).


Mungkin do'a diatas hanya sebagian do'a yang sering dipanjatkan selepas sholat wajib atau bahkan selepas sholat tahajud.

Namun apakah cukup hanya dengan do'a itu ?

Tentu saja jawabannya tidak. Setiap hal yang kita inginkan tentu saja harus diusahakan sekuat tenaga agar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. 
Mimpi / Khayalan terbesar adalah ketika mengharapkan sesuatu tapi tidak pernah mengusahakan, dan sudah pasti hanya akan menjadi catatan yang sama sekali tidak ada artinya dan sebagai hiasan belaka.

Lihatlah bagaimana orang tua yang bisa membuat anaknya menjadi penghafal Al Qur'an, mereka tidak dengan mudah dan asal asal dalam mendidiknya. Jika dikatakan tega terhadap anak ya emang tega, tapi hal itu dilakukannya untuk kebaikan anak itu tersebut, dan tentunya akan membawa kebaikan buat dirinya dan orang tuanya. 

Dan pendidikan terhadap ini adalah sesuatu yang sangat sulit dan kadang tidak bisa terlalu dipaksakan, namun dalam hal mengusahakan memberikan pendidikan yang terbaik tidak lepas dari contoh dari figur yang sering dilihat oleh anak itu. Jadi berikanlah contoh yang terbaik buat anak agar anak itu bisa meniru orang tua. 
Jika berharap anak bisa menjadi penghafal Al Qur'an maka tunjukanlah dihadapan anak bahwa orang tuanya pun sebagai penghafal Al Qur'an dan perdengarkan selalu tilawah - tilawah, tontonan orang - orang yang sedang menghafal Al Qur'an atau berikan motivasi lain yang bisa membangun dirinya (bukan tontonan yang gak jelas seperti sinetron, lagu - lagu atau tontonan lainnya yang bisa membuat anak bahkan orang tua terlena). Dan bukan hanya itu, tunjukan dihadapan anak bahkan orang tua adalah figur yang rajin dalam belajar sering menghafal dan sediakan fasilitas fasilitas yang bisa meningkatkan semangat dalam belajarnya. Bukan hanya itu tapi bangun juga Syari'at kedalam diri anak itu dari kecil sehingga akan terbiasa dan mengetahui betapa pentingnya syari'at.

Nah itulah sekilas menurut pendapat saya tentang pendidikan dan mimpi dan harapa orang tua terhadap keluarga dan anaknya. bukankah "EMAS ITU AKAN DIDAPATKAN DENGAN TEMPAAN YANG SANGAT SULIT", jadi berusahalah lebih kuat lagi demi mewujudkan harapan dan mimpi itu.

Wallohu'alam 

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Media Muslim All Right Reserved